2. Kontekstualisasi Tema Bhinneka Tunggal Ika di P5
Kontekstualisasi tema-tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila perlu dilakukan oleh guru sebelum menyusun modul proyek P5. Tujuannya agar projek P5 dapat sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lingkungan sekitar mereka.Contoh kontekstualisasi tema P5 Bhinneka Tunggal Ika adalah membuat proyek menelaah masalah keberagaman di lingkungan sekitar serta menelaah potensi solusinya. Contoh lainnya, membuat proyek untuk menghormati serta merayakan keberagaman di sekolah.
3. Tujuan P5 Tema Bhinneka Tunggal Ika
Tujuan projek P5 menjadi salah satu komponen modul proyek. Rumusan tujuan P5 dapat bervariasi sesuai dengan jenis proyek.Contoh, tujuan P5 tema Bhinneka Tunggal Ika dengan tajuk merayakan keberagaman di kehidupan sehari-hari adalah:
Mendorong peserta didik memahami sekaligus mempraktikkan nilai-nilai perdamaian di kehidupan sehari-hari dengan: (1) Memahami dan menghilangkan hambatan perdamaian berupa prasangka; dan (2) membangun pemahaman dan penghargaan pada keragaman.
Proyek merupakan tema kedua yang dilaksanakan pada kelas 7, 8 dan 9 dengan alkasi waktu 120 jam dan dilaksanakan dibulan Oktober 2024
kegiatan yang dilakukan meliputi kunjungan budaya ke Klenteng Banyumas dan museum Wayang, dan pengenalan keragaman budaya nusantara.